22 February 2016

5 Tips WOW dalam Mempromosikan Akun Instagram (Bukan Akun Pribadi)


----- ini bagian nggak penting -----
Instagram dari tahun ke tahun nampaknya makin galak aja, ini terbukti dari dibannednya beberapa akun instagram gue yang dipake untuk main CPA bulan-bulan ini (ditambah pengetahuan gue yang minim tentang instagram).

Akhirnya, bulan lalu gue mencoba ngebuilt sebuah akun instagram yang memang ingin dikembangkan (bukan untuk CPA) dengan target followers indonesia, niche movie. Pada saat itu juga sedikit demi sedikit gue belajar bagaimana membangun dan mendapatkan followers instagram tertarget, dan hasilnya? Hmmm, lumayan manis, kayak kamu. #heyaa

Hasilnya sehari bisa 20-40 orang follow akun niche movie tadi, dan akan meningkat seiring berjalannya waktu. Dengan post engagement rata-rata 6% dari jumlah followers! Ini udah lumayan menurut gue pribadi sih.

----- ini bagian yang agak penting ------
Oke, tips kali ini kita bisa gunakan untuk akun instagram yang baru, fresh dari oven, atau akun instagram yang sudah aged, tua, kayak burung kaka. Gue tegaskan lagi, cara bukan untuk akun pribadi, tetapi untuk akun yang sedang membangun brand atau online shop.

Tip #1 Jangan Buru-Buru (khusus akun baru)
Sujinot salah satu teman gue pernah bilang, sesuatu yang buru-buru itu tidak baik. Nasihat tersebut juga berlaku di algoritma instagram ini. Bagi akun yang baru dibuat, usahakan ketika membuat akun, jangan dulu diapa-apakan (jangan ngelike foto, jangan komentar, follow secukupnya), biarkan akun tersebut berumur 1 sampai 2 hari. Kenapa? karena, jika kita langsung melakukan aktifitas seperti like dan komentar-komentar di foto padahal akun baru saja dibuat, instagram akan langsung mencurigai kita!
BOOM!
AKUN BANNED!
KAMU SEDIH!
KECEWA!
BANYAK MAKAN!
JADI GENDUT!

Tip #2 Isi Data! (khusus akun baru)
Jika akun instagram kamu sudah berumur 1 hari, gunakanlah waktu itu untuk mengatur data-data kamu. Isi bio, no hape, email, dan website (kalo ada). TAPI INGAT! NGAAT! NGAAAT! Jangan pernah lakukan pengisian data-data ini berkali-kali. Misal jam 7 pagi kamu edit bio, eh terus sejam kemudian kamu merubah bionya lagi. Jika ingin mengisi bio ketika pertama kali, harus benar-benar konsisten, tidak boleh berubah-ubah, kayak sikap kamu ke dia. #WOW

Tip #3 Tampilan Penting Lho!
Kalo kita mau ketemu gebetan atau pacar pasti kita berusaha sebaik mungkin untuk terlihat menarik bukan? Khususnya tampilan kita. NAH! Di instagram juga perlu seperti itu. Anggap target followers itu orang yang kamu suka, benahi foto profil, percantik bio dan usahakan jangan acak-acakan.

Tip #4 Konten
Ini adalah hal terpenting kedua di postingan kali ini! Kenapa? karena konten itu ibarat peran pacar kamu di hati kamu. Kalo enggak ada pacar kamu di hati kamu, pasti kamu merasa kosong kan? sama halnya dengan instagram ini. Lha wong kalo ndak ada konten mau ngelike apa? mau komen dimana? mau stalk siapa? #WOW2

Pastikan kamu sediakan konten-konten atau post-post berkualitas untuk followers kamu. Kalau bisa edit dulu dikit-dikit, tambahkan watermark username kamu, ukurannya kecil saja asal terlihat, dan tempatkan di pojok foto agar tidak merusak pemandangan. Biar apa dikasih watermark? biar kalau ada yang mau respost atau dishare ulang, watermark kamu akan tetap nempel dan orang-orang tahu kalau gambar tsb kamu yang post.

Tip #5 Waktu Posting
Ternyata waktu posting juga ngaruh ke post engagement kita loh. Waktu yang tepat untuk update post instagram adalah kisaran jam:
Pagi (05.00 - 06.00) = Orang-orang baru bangun tidur, generasi sekarang kalo bangun tidur rata-rata pada nyariin hape padahal nggak ada yang chat, untuk sekedar intip socmed termasuk instagram.
Siang (11.30 - 12.30) = Orang-orang lagi makan siang. Abis makan biasanya nganggur, mati gaya, akhirnya cek hape, cek socmed, cek instagram.
Malam (19.00 - 22.00) = Orang-orang sedang beristirahat. Biasanya sambil tiduran meluk guling terus scroll-scroll hape sambil ketawa-ketawa sendiri kayak orang gila karena liat post lucu di socmed, di instagram.

BERSAMBUNG BIAR KAYAK SINETRON!

Next, kita akan bahas tentang senjata utama kita dalam berpromosi dan mencari followers di instagram! Dan sebenernya post lanjutannya ini adalah inti utama dari post ini, hehe, yaah anggap saja ini bagian satu dan post selanjutnya bagian dua deh yaa Tunggu lanzutannya yaa!
Load disqus comments

0 comments